Senin, 25 Oktober 2010

Jangan asal tau aja ,, yuk kenal lebih dekat dengan "Klorin"..

Haiii , para kimia lovers ( yang bukan kimia lovers juga hai deh..) !!
Kenalin nih , aku klorin yang biasa dilambangkan dengan huruf "Cl". Aku termasuk periode 3 yang berasal dari golongan VII A (halogen) atau ada juga orang yang bilang golongan 17.
Oya mau tau biodataku ga ?

TTL                           : Swedia , tahun 1774
Nomor atom             : 17
Nomor massa           : 35,45
Elektron valensi      : 3s2 3p5  
Jari-jari atom            : 0,99 Ǻ
                                            Keelektronegatifan : 3,16
                                            Energi ionisasi         : 1.251,1 kJ/mol

                                            Afinitas elektron      : -349,0 kJ/mol

   Oya , aku di lahirkan di swedia oleh  bapak K.W.Schele.
Disini aku bersifat elektronegatif dan mudah sekali bereaksi dengan unsur elektropositif untuk membentuk garam.  Aku juga memiliki harga keelektronegatifan dan afinitas elektron yang besar , jadi aku mudah menerima elektron dan membentuk ion negatif. ( mudah menerima bukan berarti aku pengemis loh .. Hehe !! ) makanya aku di bilang pengoksidasi kuat.

   Aku memiliki titik didih sebesar = -34,6 oC ,dan titik didih = -100,98  oC. Jadi karena aku memiliki titik didih dan leleh lebih rendah dari suhu kamar ( 25 oC) aku berfasa gas dan aku membentuk molekul diatomik pada keadaan bebas. Maaf banget yah kalo aku tidak bisa di lihat langsung sama kalian. Hehe !! Eh , tapi tenang aja deng , aku kan dapat terlihat waktu di uji coba. Waktu itu warnaku hijau kekuning-kuningan , tapi maaf banget ya sekali lagi kalo ternyata aku itu baunya menyengat ( bukan berarti ga pernah mandi ) dan uapku juga sangat berbahaya buat mata dan tenggorokan ( sumpah deh , ga punya niatan apa2 buat jahat sama kalian ).

   Untuk Kereaktifan dan daya pengoksiddasianku , aku memiliki nilai yang ridak besar-besat banget sih , Ini dia daftar potensial ku : CL2  +  2ē  → 2Cl-(aq)    , Eo = + 1,36 volt .Dengan ini aku dapat bereaksi secara spontan , karena harga E.sel ku adalah positif. contonhya nih :
  • CL2 (g) +  2KI-(aq)  → 2KCl(aq) + I2 ( aq)                     Eo = + 0,82 volt
ada juga sih yang tidak berlangsung , saat aku bereaksi dengan KF . Soalnya harga potrensialnya negatif , yang jadinya ga cocok deh. Hehe !!
  • CL2 (g) +  2KF(aq)  ≠› 2KCl(aq) + F2 ( aq)                     Eo = - 1,51 volt

   Udah dulua ya temen , nanti aku lanjutin lagi deh perkenalannya dengan kerugian serta keuntungan diriku. Ada lagi ni buat lanjutannya  yang menarik , yaitu kisah cintaku dengan hidrogen..

~ SAMPAI JUMPA ~
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar