Jumat, 12 November 2010

FOSa dan FORa

Fosa: aduwh,,pelajaran kimia tadi ribet banget sih. Sampai-sampai ga ada satupun yang bisa aku tangkep(omel Fosa di bangku taman,saat itu jam istirahat)

Fora: ngapain tuh si Fosa sendirian di taman?? Jailin ahh....
Fora: (melempar karet ke rok Fosa) AWAS ADA ULAR!!!

Fosa: AAHHH.......!!!(meloncat-loncat), eh dasar kurang kerjaan banget sih Lo!

Fora: haha  lagian lo sih diem melulu,,ngapain lo disini?diputusin Rio ya...

Fosa: adwh Ra,,please deh ga usah gangguin orang. Aku kesini Cuma mau ngelepas kebetean. NGERTI?

Fora: wuih,,,,biasa dong ga usah nyentak gitu. Mang bete kenapa?

Fosa: hhh,,,tadi di kelas pelajaran kimia membahas tentang unsur Fosfor, lo tau kan Ra aku tuh ga bisa banget kalo dikasih pelajaran yang sistemnya ngehapal. Udah mah panjang dan ga ada satupun yang bisa aku cerna(emang makanan dicerna)

Fora: OOOOhhh,,,,,,gitu,,,,,. Bentar ya...aku punya solusi buat kamu.
           Tak lama kemudian Fora datang membawa seorang COWO yang cool... banget(es kali yang cool)

Fora: nih gue bawain temen pas buat nyelesain masalah Lo,,namanya Aris, dia kakak kelas kita. Dia pinter banget kimia,,urusan unsur kimia mah kecil.. OK? Gue tinggalin kalian dulu ya... Oh ya Sa, perhatiin penjelasannya,bukan mukanya!hehe

Fosa: Apaan sih,,

Aris: Oh kamu yang pusing karena kimia? Nyantei aja kali kimia tuh ga bakalan bikin kamu sampai sakit ko,,

Fosa: tapi kimia tuh ribet apalagi pelajaran tadi tentang fosfor,,boleh minta dijelasin ga ka 

Aris: Hmm,,OK, dah siap dengerin?

Fosa: siap banget.................   

Aris: Fosfor itu merupakan unsur kimia dengan lambang unsurnya 15. Dia termasuk golongan VIA dengan perioda 3. Dia merupakan nonlogam yang sangat reaktif apabila dia bertemu oksigen. Secara umum ia berbentuk padatan putih dan memiliki bau yang tak enak, namun ketika murni ia menjadi tak berwarna dan transparan.

Fosa: Dia ditemuin sama siapa ka?

Aris: Fosfor ditemukan oleh Hannig Brand pada tahun 1669 di Hamburg,Jerman. Hannig menemukan unsur ini ketika ia melakukan proses penguapan dengan cara menyuling air urin. Tau ga? Dia baru dapetin tuh ketika ember ke 50 yang ia gunakan. Gila banget kan,,air urin gitu.

Fosa: kalau sekarang gimana cara dapetin fosfor?

Aris: kalau sekarang fosfor diperoleh dengan cara mereduksi kalsium fosfat, Ca3(PO4)2, dengan batuan kuarsa dan batu bara. Mau tau ga alotropinya dari fosfor? Alotrop fosfor meliputi fosfor putih, fosfor merah, dan fosfor hitam.

Fosa: tadi di kelas juga ada pembahasan itu,,kaka bisa jelasin satu persatu?

Aris: OK,,pertama yaitu fosfor putih. Fosfor putih adalah molekul dengan komposisi P4, Fosfor putih memiliki titik leleh rendah (mp 44.1o C) dan larut dalam benzen atau karbon disulfida. Karena fosfor putih piroforik dan sangat beracun, fosfor putih harus ditangani dengan hati-hati.

Fosa: hmm,,, katanya ada fosfor yang bisa terbakar ya?
Aris: pinter kamu,,iya betul. Si fosfor ini jika terkena udara/oksigen akan terbakar. Jika ia terkena panas atau cahaya ia akan menjadi fosfor merah. Karena apa?karena dia kan sangat reaktif.

Fosa: fosfor merah? Waw keren,,lanjutin ke fosfor merah ka

Aris: Hmm,,kalau fosfor merah itu strukturnya tidak jelas. Komponen utamanya diasumsikan berupa rantai yang dibentuk dengan polimerisasi molekul P4 sebagai hasil pembukaan satu ikatan P-P. Fosfor merah tidak bersifat piroforik dan tidak beracun. Kamu tau korek api? Nah bahan pembuatan korek api itu ya fosfor merah.

Fosa: Oh,,satu lagi. Gimana dengan fosfor hitam?
Aris: Fosfor hitam adalah isotop yang paling stabil dan didapatkan dari fosfor putih pada tekanan tinggi (sekitar 8 GPa). Fosfor hitam memiliki kilap logam dan berstruktur lamelar. Walaupun fosfor hitam bersifat semikonduktor pada tekanan normal, fosfor hitam menunjukkan sifat logam pada tekanan tinggi (10 GPa).

Fosa: dalam kehidupan sehari-hari secara keseluruhan fosfor tuh digunakan untuk apa aja sih ka? Kayaknya unsur ini memiliki peranan penting,,feeling aku sih bilang gitu...

Aris: ya pasti lah,, fosfor ini digunakan sebagai Mainan yang bercahaya di kegelapan, Sumber lampu radioaktif, LED warna putih, Cathode Ray Tubes, Lampu Fluorescent, Sabun cuci ,pestisida,pasta gigi dan yang terpenting adalah untuk pembuatan pupuk.

Aris: Nah gitu deh tentang fosfor,,,gimana masih bete dengan fosfor? Kamu kan dah tau tuh gimana fosfor,,masa masih bete sih..?

Fosa: ga dong,,Fosa dah bisa ko. Makasih ya ka dah nerangin,,mmm..boleh minta nomor hp kaka ga? Ntar kalo ada yang susah tentang kimia kan bisa nanya ke kaka... 

Fora: Hayoh Lo!! Ketauan,,,mau PeDe KaTe ya.... diambil kesempaatan dong,,dasar lo Sa,,
Fosa: apaan sih Ra,,bukan gitu maksud gue... maaf ya ka Aris, fora nih suka iseng aja jadi orang(menginjak kaki fora)

Fora: AWW......

Aris: adwh kalian ini,,kayak anak kecil deh..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar